Struktur Organisasi Pada Kapal Laut

Tugas dan Tanggung Jawab Anak Buah Kapal

struktur organisasi pada kapal laut
Satuan tugas atau Jabatan di atas kapal adalah bagian perananan yang sangat penting dalam stiap perjalanan pelayaran di atas kapal / dalam suatu jenis pelayaran resmi kapal, mengigat dalam mejalankan sebuah kapal laut yang baik kapal barang ataupun kapal penumpang mempunya peraturan yang ketat mengenai kompentens sdm dan aturan undang undang pelayaran yang di terapkan dari pemerintah dinas terkait di tingkat nasional atu internasional,  oleh karna itu Informasi Umum mengenai Struktur Organisasi Padakapal Laut dalam hal ini adalah Anak Buah Kapal (ABK) adalah pembagaian tugas dan tanggung jawab  yang haurus dimiliki bagi perusaaan pelayaran tersebut, intuk info dasar Anak Buah Kapal itu dibagi menjadi beberapa satuan jabatan yang mempunya tugas masing yang dapat dipertanggung jawabkan.
Keselamtan ABK dan muatan, terlebih itu adalah kapal penumpang, adalah menjadi alsan utam atas keselamtan di atas kapal, keterampilan atau pendidikan di atas kapal terhadap orang yang berkompeten di dalamnya dalam sebuah Ilmu Pelayaran di bagi menjadi 2 yaitu :

1. Ahli Nautika 

Jurusan pendidikan khusus utnuk awak kapal berkompeten pada Departemen Dek.

2. Ahli Tehnik

Jurusan pendidikan khusus untuk awak kapal berkompeten pada Departemen Mesin.

Ya memang dalam struk tur organisasi di atas kapal di bagi menjadi 2 (dua) yitu departemen DEK dan departemen MESIN, walau pun tiap-tiap departmen di bagi lagi menjadi perwira/officer dan bawahan/rating.
struktur organisasi pada kapal laut

Tugas dan tanggung jawab utama diatas kapal baik selama pelayaran maupun bersandar sang Nahakoda / Captain lah sang pemilik Jabatan yang bertanggung jawab pebuh atas itu, oleh karna itu selain tugas-tugas yang memang sudah baku adanya  adanya izin atau korrdinasi kepada Nahkoda / Captain menjadi peraturan yang wajib adanya.
struktur organisasi pada kapal laut
Tapi sesungghnya jabatan - jabatan di atas kapal terkadang memang ada yang berbeda karna dari faktor kebutuhan, fungsi kapal dan jenis kapal, contohnya kebutuhan organisasi pada suatu kapal takboat pasti berbeda dengan sbuah kapal tankker yang super besar, berikut adalah nama jabatan dan tuanggung jawab tiap - tiap peranan diatas kapal, diantaranya :

Departemen Dek.

  1. Captain / Nakhoda / Master adalah pemimpin diatas kapal dan penanggung jawab selama pelayaran.
  2. Mualim I /Chief Officer adalah bertugas pengatur muatan (barang dan penumpang), persediaan air tawar dan sebagai pengatur arah navigasi
  3. Mualim 2 / Second Office adalah bertugas membuat jalur route peta pelayaran yg akan di lakukan dan pengatur arah navigasi.
  4. Mualim 3 / Third Officer adalah bertugas sebagai pengatur, memeriksa, memelihara semua alat alat keselamatan kapal dan juga bertugas sebagai pengatur arah navigasi.
  5. Markonis  /Radio Officer / Spark bertugas sebagai operator radio / komunikasi serta bertanggung jawab menjaga keselamatan kapal dari marabahaya baik itu yg di timbulkan dari alam seperti badai, ada kapal tenggelam, dll.
struktur organisasi pada kapal laut

Departemen Mesin.

  1. KKM (Kepala Kamar Mesin) / Chief Engineer, pimpinan dan penanggung jawab atas semua mesin yang ada di kapal baik itu mesin induk, mesin bantu,mesin kemudi, mesin crane, mesin sekoci, mesin pompa,mesin jangkar dll.
  2. Masinis 1 / First Engineer bertanggung jawab terhadap mesin induk.
  3. Masinis 2 / Second Engineer bertanggung jawab terhadap semua mesin bantu.
  4. Masinis 3 /T hird Enginer bertanggung jawab terhadap semua mesin pompa.
  5. Juru Listrik / Electricion bertanggung jawab terhadap semua mesin yang menggunakan tenaga listrik dan seluruh tenaga cadangan.
  6. Juru minyak / Oliman pembantu para Masinis / Engineer.

Ratings atau bawahan


  1. Bagian dek:
    1. Boatswain atau Bosun atau Serang (Kepala kerja bawahan)
    2. Able Bodied Seaman (AB) atau Jurumudi
    3. Ordinary Seaman (OS) atau Kelasi atau Sailor
    4. Pumpman atau Juru Pompa, khusus kapal-kapal tanker (kapal pengangkut cairan)
  2. Bagian mesin:
    1. Mandor (Kepala Kerja Oiler dan Wiper)
    2. Fitter atau Juru Las
    3. Oiler atau Juru Minyak
    4. Wiper
  3. Bagian Permakanan:
    1. Juru masak/ cook bertanggung jawab atas segala makanan, baik itu memasak, pengaturan menu makanan, dan persediaan makanan.
    2. Mess boy / pembantu bertugas membantu Juru masak
Sumber Wikipedia

Bagi anda yang pernah melakukan perjalanan wisata ke berbagai pulau,  baik sendiri atau trip travel dengan peserta yang banyak bahkan dsampai satu rombongan dengan jasa Sewa Bus Pariwisata Di Jakarta, tidak ada salahnya bagi anda yang mungkin penasaran atau sekedar ingin tau tentang informasi ini, kami harapkan informasi ini walaupun tidak lengkap namun seitdaknya bisa memberikan sedikit pengetahuan anda, Trimakasih.

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.