10 Land Mark Kota DI Indonesia

Daftar 10 Land Mark Kota DI Indonesia yang harus anda ketahui.

Anda mngaku Traveller?? Pastikan dulu anda tahu tengang 10 Land Mark Kota dI Indonesia ini. Semoga informasi ini bisa memberikan sedikit bejal bagi anda yang sedang mencari referensi lokasi disaat ingin menjelajahi beberapa daftar10 landmark kota di Indonesia di bawah ini. Langsung aja dilanjut scrool kebawah gan untuk membacanya. Oh iya informasi ini saya tulis dari hasil rangkumana beberapa sumber ya... Yang paling mendominasi sih dari www.wikipwdia.org. Silakan langsung aja yaaaa..........
1. Jakarta - Monas/ Tugu Monas ( Monumen Nasional)
10 Land Mark Kota DI Indonesia
Lokasi : Kawasan Taman Silang Monas sekarang Jl. Medan Merdeka yang hihapit hampir semua kantor pemerintahan, seperti Istana Nedgara, Kantor Wali Kota Jakarta dan Kantor Pemerintahan Lainnya hingga Stasiun kereta Gambir.
Filosifi: Tugu yang memiliki ketinggian 132 meter (433 kaki) ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Dan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.
Pendiri : Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Soekarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.
2. Bandung - Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (MPRJB).
10 Land Mark Kota DI Indonesia

Lokasi : Jl. Dipatiukur No.48, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Bara. Posisinya persis di kawasan terbuka di depan atau disisi utara Komplek Walikota dan DPR Bandung (Gedung Sate / Lapamgan Gasibu).
Filosifi : Monumen ini dilatar belakangi sebagai pengabdian nilai-nilai kebudayaan dan sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat.
Arsitek : Slamet Wirasonjaya dan Perupa Sunaryo, pembangunannya dimulai secara bertahap pada tahun 1991 hingnga tahun 1995.
3. Semarang - Tugu Muda. 
10 Land Mark Kota DI Indonesia
Lokasi : Terletak Salam Mulyo di pertemuan jalan protokoler Kota Semarang (Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Dr. Soetomo, dan Jalan Pandanaran).
Filosifi : Mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang pada 10 November 1950 dan pembuatannya di mulai pada 10 November 1951.
Arsitek : Desain tugu dikerjakan oleh Salim ; Relief dikerjakan oleh seniman Hendro.
4. Yogyakarta - Tugu Jogja (Tugu Golong-Giling / Tugu Pal Putih).
10 Land Mark Kota DI Indonesia
Lokasi : Berada tepat di tengah perempatan antara Jl. Pangeran Mangkubumi, Jl. Jendral Soedirman, Jl. A.M Sangaji dan Jl. Diponegoro. 
Lokasi : Bila diambil garis lurus dari utara keselatan dari arah Pantai Parang Tritis, Keraton, Tugu Jogja dan mengarah ke puncak Gunung Merapi.
Filosofi : Monumen yang syarat akan sejarah kerajaan ini dulunya berbentuk bundar di bagian ujung yang mengartikan Manunggaling Kawulo Gusti yang berarti bersatunya antara rakyat dengan raja (penguasanya). Saat itu pada era Kasultanan Yogyakarta pertama yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono I th 1756. Namun setelah terjadi gempa tugu ini hancur dan di bangun kembali oleh Belanda berbentung seperti sekarang ini, tidak bulat lagi melainkan lancip keatas. Praktek politik devide-et-impera (politik pecah belah) pemerintah Hindia Belanda sangat kental disini. Dimana sangat jauh dari makna yang tersirat pada mulanya di bangun.
Peresmian : Diresmikan pada th 1756 era kesultanan Sri Sultan Hamengkubuwono I (pendiri kraton Yogyakarta) dan di renovasi pada th 1889 untuk dibangun kembali. Hingga diresmikan Hamengkubuwono VII pada 3 Oktober 1889 atau 7 Sapar 1819 Tahun Jawa.
5. Surabaya - Tugu Pahlawan.
10 Land Mark Kota DI IndonesiaLokasi : Terletak di Jl. Pahlawan Surabaya, tepatnya ditengah-tengah Jalan Pahlawan Surabaya, disamping kantor Gubernur Jawa Timur. Berdiri megah diatas lahan seluas 1,3 hektar.
Filosofi : Untuk mengenang para pahlawan serta menggambarkan semagat yang menyala-nyala pemuda-pemuda Surabaya pada pertempuran 10 November 1935. Sebuah bentuk perlawanan bangsa Indonesia khususnya warga Surabaya yang kala itu pihak Tentara Inggris dan Belanda. Saat ingin menjajah kembali Indonesia dan ingin menapakkan jejaknya kembali di tanah Jawa Timur ini.
Peresmian : Pembangunan monumen Tugu Pahlawan memakan waktu selama sepuluh bulan. Pada tanggal 10 November 1952, Presiden Soekarno meresmikan Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.  
6. Kediri - Monumen Simpang Lima Gumul (SLG).
10 Land Mark Kota DI IndonesiaLokasi : Terletak di Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
Filosifi : Bangunan berada di pusat pertemuan lima jalan yang menuju ke Gampengrejo, Pagu, Pare, Pesantren dan Plosoklaten, Kediri. Walau tidak ada penjelasan khusus Moumen ini memang mirip dengan Arc de Triomphe yang berada di Perancis. Namun dalam beberapa sumber menyebutkan, bahwa didirikannya monumen ini dikarenakan terinspirasi dari Jongko Jojoboyo, raja dari Kerajaan Kediri abad ke-12 yang ingin menyatukan lima wilayah di Kabupaten Kediri.Terdapat relief–relief disisi bangunan ini yang menggambarkan tentang sejarah Kediri hingga kesenian dan kebudayaan yang ada saat ini. Juga di salah satu sudut monumen terdapat sebuah arca (patung) Ganesha, salah satu dewa yang banyak dipuja oleh umat Hindu dengan gelar sebagai Dewa Pengetahuan dan Kecerdasan, Dewa Pelindung, Dewa Penolak Bala dan Dewa Kebijaksanaan.
Peresmian : Monumen SLG mulai dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008, yang digagas oleh Bupati Kediri saat itu, Sutrisno.
7. Bukit Tinggi, Sumatra Barat - Jam Gadang.
10 Land Mark Kota DI Indonesia Lokasi : Kota Bukit Tinggi , Sumatra Barat.
Filosofi : Jam yang di bangun di tahun 1926 ini adalah persembahan dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, sekretaris atau controleur Fort de Kock (sekarang Kota Bukittinggi) pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Jam yang didatangkan langsung dari Rooterdam Belanda, Vortmann Relinghausen merupakan pabrik pembuatnya dan hanya membuat 2 unit di dunia. Yaitu Big Ben di Londong, Inggris dan Jam Gadang itu sendiri.
Arsitek : Arsitektur menara jam ini dirancang oleh Yazid Abidin Rajo Mangkuto, sedangkan peletakan batu pertama dilakukan oleh putra pertama Rook Maker yang pada saat itu masih berusia 6 tahun.
8. Palembang - Jembatan Ampera.
10 Land Mark Kota DI Indonesia
Lokasi : Kota Palembang
Filisofi : Pada dasarnya Jembatan Ampera ini tidak terlalu mempunyai history yang kuat, bangunan ini lebih kearah fungsi dari jembatan itu sendiri. Yaitu untuk menghubungkan antara daerah yang berada di hulu dan hilir bagian jembatan ini sebagai sarana transportasi masyarakat sekitar. Namun karna saat disaat itu jembatan ini merupkan jembatan yang terpanjang se Asean, maka masyarakat Palembang cukup merasa puas dan hingga kini menjadi salah satu iko kota Empek-Empek tersebut.
Pembuatan : Jembatan ini diresmikan pada tahun 1965 dimana diprakasrasi oleh DPRD setempat dalam membuat tema panitia pelaksana pembangunan, yang terdiri atas Penguasa Perang Komando Daerah Militer IV/Sriwijaya, Harun Sohar, dan Gubernur Sumatera Selatan, H.A. Bastari. Setelah mendapat persetujuan dari Presiden Soekaran pembangungan ini dibuat dengan melibatkan tenaga ahli dari Jepang.
9. Banda Aceh - Masjid Raya Baiturrahman.
10 Land Mark Kota DI Indonesia Lokasi : Jantung kota Banda Aceh
Filosifi : Musibah Tsunai di Aceh silam pasti akan selalu kita ingat sepanjang masa, lalu sebuah masjid agung ini tetap berdiri walau diterpa musibah Tsunami dimana bangunan sekitarnya rata dengan tanah. Bahkan menjadi satu-satunya bangun penyelamat bagi korban Tsunami yang shsayt itu datang. Masjid Baiturrahman di banung pada era Kesultanan Aceh yaitu Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Beragam fasilitas mederen kini bisa kita jumpai dengan menambahkan ornamen payung untuk menambah kenyamanan ibadah bak gaya masjid Madinah.
Arsitek : Pemerintah setempat yang saati itu Gubernur Aceh dr. Zaini abdulah meresmikan kembali pemogaran, semenjak direnovasi pada bulan Juli 2015.
10. Pontianak - Tugu Khatulistiwa.
10 Land Mark Kota DI Indonesia Lokasi : Jl. Khatulistiwa, Siantan, Pontianak - Kalimantan Barat. Letaknya sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak.
Filosofi : Sebuah tugu yang di jadikan patokan equator / garis khatulistiwa. Bentuk tugu tersebut berupa lingkaran yang terdapat tulisan Evenaar (Equator ; bahasa Belanda) sepanjang 2,11 meter dan penunjuk arah 2,15 meter. Pada lingkaran platnya dibawah anak pnahnya terdapat tulisan  "109o 20' OLvGr" yang menunjukkan letak berdirinya tugu khatulistiwa pada garis Bujur Timur. Dalam tujuannya tugu Khatulistiwa tersebut sebgai bukti perseitiwa penting di sekitar tugu, yaiut terjadi sebuah titik KULMINASI matahari. Yakni sebuah fenomenaalamketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa, pada saat itu posisi matahari akan tepat berada di atas kepala. Sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi, pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan "menghilang" beberapa detik saat diterpa sinar matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain di sekitar tugu. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali,yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan
Arsitek : Pada dasarnya penentunan titik Khatilistiwa tersebut dipimpin oleh seorah ahli Geografi asal belanda pada tahun 1928 dibangunlah Tugu Pertama bebentuk tonggak dengan linkaran dan anak panah. Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah. Lalu Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban. Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam. Dan terakhir tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya. Peresmiannya pada tanggal 21 September 1991.
Berikut Informasi dari kami berdasarka apa yang kami bisa sampaikan untuk agan semua semoga saja bermanfaat. Walau mungkin masih banyak kekurangan, karena mungkin pada daftar kota diatas memiliki banyak lagi landmark-landmark yang ada. Dari beberapa tempat diatas mungkin bisa agan kunjungi dan dijadikan target objek wisata dengan rombongan dengan menggunakan Sewa Bus Pariwisata. Pastinya agan harus mempersiapkan agenda agan dengan matang. Hampir semua di objek wistat tersebut disediakan lahan parkir untuk Bus Pariwisata atau jenis Sewa Elf Jakarta kok gan. Jadi jagan khawatir untuk traveling ya gan..... sekali lagi termimaksih udah mampir dan baca semuanya hingga akhir. 

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.